1. Membuat Drop Cap
Drop cap pada microsoft word berfungsi untuk membuat tulisan lebih besar dari pada yang lain. Dengan fungsi ini akan memberikan efek tulisan lebih tebal dan lebih besar dibanding yang lain. Fungsi ini biasanya digunakan pada saat permulaan suku kata, sehingga suku kata pertama pada sebuah kata akan tampak lebih besar dibanding yang lain.
Dengan adanya drop cap tulisan kita akan lebih menarik untuk dilihat , untuk membuat drop cap pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka lembar kerja microsoft word
2. Ketikan kata atau kalimat yang akan dibuat
3. Block huruf pertama
4. Klik menu insert kemudian pilih Drop cap
5. Pilih Dropped dan lihatlah hasilnya
Pada menu drop cap terdapat beberapa pilihan None, Dropped, dan In margin
• None berarti tidak memberikan efek drop cap.
• Dropped memberikan efek drop pada suku kata, akan tetapi efek drop cap masih terdapat didalam margin.
• In margin berfunngsi memberikan efek drop pada suku kata, tetapi efek drop cap berad di luar margin.
2. Columns
Cara membuat columns pada microsoft word dengan cara sebagai berikut ini:
1. Buka lembar kerja microsoft word pada komputer, laptop, atau notebook anda
2. Ketiklah tulisan yang ingin anda buat columnsnya
3. Kemudian block seluruh isi dokumen yang ingin dibuat columns
4. Setelah di block klik menu Page Layout kemudian Columns pilih jumlah kolom yang diinginkan
5. Selesai columns anda telah dibuat
3. Heeder & Footer
Header adalah bagian paling atas pada sebuah dokumen word dimana pada bagian ini biasa sering diterapkan dengan sebuah gambar watermark atau hanya sebuah tulisan yanng secara otomatis akan diterapkan pada halaman berikutnya
Footer adalah bagian paling bawah pada dokumen word dimana pada bagian ini biasanya sering dimasukkan dengan page number (nomor halaman) dan keperluan lainnya yang berangsutan dengan dokumen yang sedang dikerjakan.
Adapun cara membuat header adalah sebagai berikut:
1. Pertama silakahkan kalian buat lembar kerja baru di ms word
2. Atur kertas dan ukuran margin sesuai dengan yang kalian inginkan
3. Setelah itu masuk ke menu Insert
4. Pilih header
5. Ketiklah apa saja yang anda inginkan
6. Header anda telah siap
Tata cara membuat footer adalah berikut ini:
1. Sama halnya seperti header langkah pertama yaitu buka lembar kerja baru di ms word
2. Atur kertas dan margin sesuai kenginginan kalian
3. Setelah itu klik menu insert
4. Pilih footer (pilihlah tema yang diinginkan)
5. Ketiklah apa saja yang kalian inginkan di footer kalian
6. Footer kaian telah siap untuk digunakan
4. Clip art & Watermark
Clip art adalah penyisipan atau penambahan gambar pada microsoft word
Untuk menambahkan clip art pada dokumen, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buka ms word pada laptop atau notebook yang ada
2. Siapkan dokumen yang akan di sisipkan clip art
3. Tempatkan kursor pada area di mana clip art akan ditambahkan
4. Klik tab insert
5. Pada kelompok ilustrasi clip art
6. Klik tombol Go ketika muncul dialog clip art di bagian kanan
7. Tunggu beberapa menit sampai semua koleksi clip art muncul
8. Kemudian pilih dan klik clip art yang akan dipilih
9. Klik insert untuk memasukkan ke dokumen
10. Clip art anda telah jadi
Watermark adalah tulisan atau logo transparan di sebuah objek baik berupa tulisan atau foto.
Untuk membuat watermark langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buka ms word pada laptop atau notebook yang anda inginkan
2. Buka dokumen yang ingin diberi watermark
3. Klik menu page layout
4. Pilih watermark
5. Kemudian pilih sendiri model watermark yang anda inginkan
6. Untuk menampilkan watermark dengan nama brand, klik menu custom watermark
7. Pilih Text watermark dan ketik di kolom Text label yag anda inginkan. Pilih ukuran dan juga jenis hurufnya jika diangga perlu.
8. Terakhir klik Aplly kemudian oke
9. Watermark anda telah siap
5. Page Border
Adapun langkah-langkah membuat page border adalah sebagai berikut:
1. Buka ms word pada laptop anda
2. Klik menu Page Layout kemudian
3. Kemudian pilih page Borders
4. Dalam page borders terdapat beberapa pilihan diantaranya
a) Borders
b) Page border
c) Shading
5. Pilihlah sesuai kenginginan anda
6. Smart Art
Langkah-langkah dalam membuat Smart Art adalah sebagai berikut ini:
1. Buka ms word pada pc anda
2. Pilih menu insert
3. Kemudian klik Smart Art, di dalam smart art terdapat beberapa pilihan diantaranya:
a) List, untuk membuat diagram yang menampilkan informasi yang tidak saling berhubungan atau sekelompok daftar informasi.
b) Process, untuk membuat diagram yang menerangkan jalannya sebuah proses atau langkah-langkah yang saling berhubungan. Diagram ini juga dapat digunakan untuk menampilkan sekelompok informasi yang saling berhubungan dengan lainnya.
c) Cycle, untuk membuat diagram siklus atau tentang proses yang terus berlanjut dari awal sampai akhir.
d) Hierarychy, untuk membuat diagram tentang alur keputusan dan membuat struktur organisasio atau menunjukkan hubungan kerja, baik secara horizontal maupun vertikal.
e) Relationship, untuk membuat diagram yang menggambarkan sebuah koneksi.
f) Matrix, untuk membuat diagram yang menggambarkan bagaimana suatu bagian saling berhubungan dan menciptaklan satu kesatuan.
g) Pyramid, untuk membuat diagram yang menggambarkan hubungan sebanding dengan komponen paling atas.
h) Picture, untuk membuat diagram yang didalamnya dapat disisipkan gambar
4. Selanjutnya ketiklah teks didalam jendela Taks Pane
5. Smart art anda telah jadi
7. Footnote & Comment
Footnote
Footnote merupakan catatan kaki yang terletak pada bagian akhir di halaman yang sama. Footnote berisi suatu keterangan, uraian atau referensi suatu kutipan. Footnote biasanya ditandai dengan angka pada akhir kalimat atau kata yang diberi footnote.
Untuk membuat foot note di Word 2010, dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
2. Klik References kemudian klik Insert Footnote Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
3. Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
4. Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut.
5. Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan.
Comments
Cara membuat commments microsoft word adalah sebagai berikut:
1. Klik ganda dokumen Word yang ingin Anda ubah untuk membukanya di Microsoft Word.
2. Klik dan tarik kursor pada bagian teks yang ingin Anda komentari, misalnya kalimat atau paragraf tertentu. Teks yang Anda pilih akan ditandai.
3. Klik kanan, atau klik dengan dua jari pada teks yang Anda pilih untuk menampilkan menu.
4. Klik New Comment di bagian bawah menu yang muncul.
5. Masukkan komentar Anda. Komentar akan tampil di bagian kanan jendela Word.
6. Klik bagian dokumen mana saja untuk menerapkan perubahan. Setelah itu, Anda dapat mengomentari bagian teks lain.
7. Pastikan Anda menyimpan dokumen sebelum menutupnya agar komentar Anda tersimpan.
Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat:)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Mempraktikkan Format Cell Dalam Data
Memformat cell pada data excel berfungsi untuk memberian tampilan data agar mudah dalam membaca data, dalam hal ini dapat kita berikan sua...
-
1. Membuat Drop Cap Drop cap pada microsoft word berfungsi untuk membuat tulisan lebih besar dari pada yang lain. Dengan fungsi ini akan ...
-
Penggunaan Keyboard adalah salah satu aktivitas sehari- hari baik di kantor,kampus, rumah atau pun sekolahan sudah tak heran lagi jika sekar...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar