a)
Pengertian
Mirosoft Excel
Mirosoft exel adalah pengolah kata atau angka secara otomatis. Yang
meliputi perhitungan dasar matematika pengunaan fungsi-fungsi, pengolahan data
dan lain sebagainya
b)
Fungsi-fungsi
pada Microsoft excel 2010
1.
Bisa
untu menyelesaikan berbagai urusan administratif
2.
Untuk
membuat grafik
3.
Manajemen
data
4.
Bisa
menggunakan fungsi matematis
5.
Bisa
menggunakan fungsi logika untuk menyelesaikan masalah
c)
Menu-menu
pada microsoft excel 2010
Hampir sama dengan mircrosoft word mircrosoft excel juga memiliki
menu-menu sebagai beriut ini:
1.
Menu
Home
Dalam menu home terdapat beberapa sebmenu antara lain:
a)
Clipboard berguna untuk
menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy. Dalam lipboard
terdapat beberapa bagian yaitu:
1)
Cut, untuk memotong teks.
2)
Copy, untuk menduplikat
teks.
3)
Format
painter, membuat format data seperti data sebelumnya
4)
Paste,
menempelkan hasil duplikatan data
b)
Font, submenu font adalah
sebagai berikut:
1)
Inrease font size,
untu membesaran ukuran huruf.
2)
Derease font size, untuk
mengeilkan huruf.
3)
Bold, untuk menebalkan
huruf
4)
Italic, untu menetak
miring.
5)
Underline, untuk memberikan garis bawah.
6)
Border, memberi bingai pada tabel.
7)
Fill color, memberian warna.
8)
Font color, memberian warna pada huruf.
9)
Font, untuk memilih jenis huruf.
d)
Alignment, submenu alignment adalah sebagai berikut:
1)
Top
Align, yaitu format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman.
2)
Middle
Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman.
3)
Bottom Align, penggalan halaman.
4)
Align Left, format teks rata kiri.
5)
Center, format teks rata tengah.
6)
Align Right, format teks rata kanan.
7)
Decrease Indent, paragraf menjorok ke kiri.
8)
Increase Indent, paragraf menjorok ke kanan.
9)
Merge and Center, menggabungkan dan menengahkan teks.
e)
Number, submenu number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini;
1)
General, tombol pengaturan secara umum.
2)
Curency, format mata uang.
3)
Percent, format persen.
4)
Comma, pemberian tanda koma pada data.
5)
Decrease decimal, mengurang angka desimal.
6)
Increase decimal, menambahkan angka desimal.
f)
Styles,
submenu styles terdiri dari;
1)
Conditional
formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.
2)
Format
as table, pembuatan tabel.
3)
Cell style, pembuatan penampilan sel.
g)
Cell,
submenu cell terdiri dari
1)
Insert, menyisipkan sel.
2)
Delete, menghapus sel.
3)
Format, pengaturan penampilan sel.
h)
Editing, submenu editing terdiri :
1)
Autosum, menghitung secara otomatis, membuat rumus.
2)
Clear, menghapus sel.
3)
Sort and filter, mengurutkan dan menyaring data..
4)
Find and select, mencari dan menseleksi data.
2.
Menu Insert
Menu ini
digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti
pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta
memasukkan simbol-simbol. Menu ini terdiri dari beberapa komponen antara lain;
a)
Tables, nama dan fungsi submenu dari ;
1)
Pivot
table, membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.
2)
Table, membuat table.
b)
Ilustrations,
submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;
1)
Picture, menyisipkan gambar.
2)
Clip art, menyisipkan clipart.
3)
Shape, menyisipkan gambar standar dari komputer.
4)
Smart Art, menyisipkan gambar praktis.
c)
Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
d)
Text, digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer,
membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.
3.
Menu Page
Layout, tab ini digunakan untuk mengatur data, submenu dari tab ini adalah
sebagai berikut;
1)
Themes,
digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
2)
Page
Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin),
orientasi kertas, mengatur ukuran kertas/size, mengatur area
pencetakan, mengatur penggalan halaman (page break), memberi background pada
dokumen, mencetak dan memberi judul tabel.
3)
Scale
to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris
secara otomatis.
4)
Sheet
option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data.
5)
Arrange, digunakan unuk mengatur tata letak gambar.
4.
Menu Formula,
digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi teks, format keuangan,
tanggal, dan waktu. Berikut ini adalah bagian dari tab formula;
5.
Menu
Data, digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau merefresh data. pada
bagian Sort dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data. Di
bagian Data Tools, digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian
Outline digunakan untuk proses group dan melepas group suatu data serta membuat
subtotal.
6.
Menu Review,
digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta
untuk keamanan data.
7.
Menu
View, digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar
kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar