Sabtu, 08 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu Dan Fungsi Menu Micrsoft Word 2010


Untuk kalian pengguna Laptop, notbook, komputer dan lainnya tentu tidak asing lagi dengan microsoft word. Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh microsoft.
Ketika kita membuka software Microsoft Word maka akan disuguhi tampilan dengan berbagai macam ikon dan menu. Masing-masing bagian memiliki fungsi dan perannya dalam menjalankan setiap perintah penting. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang bagian-bagian yang terdapat dalam lembar kerja Microsoft Word.

·         Quick Acces Toolbar : Kumpulan ikon yang terletak di bagian pojok kiri atas. Ini merupakan menu yang memudahkan pengguna untuk mengakses perintah yang sering digunakan seperti save, undo, redo dll.
·         Title Bar : Ini merupakan bagian tengah atas dari lembar kerja Microsoft Word yang menampilkan judul dari file yang sedang kita kerjakan. Bagi file yang belum tersimpan biasanya akan menampilkan judul “Document”.
·         Page Status : Terletak di bagian bawah lembar kerja Microsoft Word dan biasanya berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, kata dan bahasa yang sedang digunakan.
·         Tab Menu : Kumpulan menu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk menyesuaikan pengaturan pada dokumen.
·         Ribbon Tool : Ini merupakan “isi” tab menu, kumpulan ikon yang mewakili berbagai fungsi dan perintah spesifik tertentu.
·         Scroll Bar : Bagian ini terdapat ini bagian kiri dan bawah Microsoft Word dan berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara horizontal dan vertical.
·         Zoom Menu : berada di bagian kiri bawah dan berperan untuk melakukan zooming (memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja MS Word).
·         Windows Menu : berisi 3 buah perintah yaitu minimize untuk membaca word ke latar belakang. Maximize/restore down untuk mengubah ukuran tampilan MS Word dan Close untuk menutup lembar kerja Microsoft Word.
1.      File

 Pertama adalah menu file, disini terdapat berbagai perintah dasar dan ada juga bagian untuk menyesuaikan pengaturan lembar kerja.
·       Save :  Untuk menyimpan dokumen word yang telah kita kerjakan.
·       Save As : Hampir mirip seperti save, namun fungsinya adalah menyimpan dengan nama baru.
·         Open : Membuka file dokumen yang sebelumnya telah kita simpan.
·         Close  : Menutup dokumen yang sedang kita buka.
·         Info : Menampilkan rincian info terkait dengna dokumen yang sedang dikerjakan.
·         Recent : Menampilkan daftar dokumen yang baru-baru ini dibuka/diedit.
·         New : Membuat lembar kerja baru di MS word.
·         Print : Untuk mengeprint dokumen yang telah kita buat.
·         Save and Send : Berfungsi untuk menyimpan dokumen kemudian mengirimnya lewat email ataupun diposting ke website.
·         Help : Menu bantuan apabila ada masalah pada Microsoft Word.
·         Option : Berisi berbagai menu untuk melakukan penyesuaian terhadap dokumen.
·         Exit : Berfungsi untuk menutup aplikasi MS Word.
2.      Home

a)      Clipboard : Ribbon group ini terdiri dari beberapa ikon yang umumnya berfungsi untuk mengcopy ataupun memindah elemen dalam dokumen.
·           Paste : Ikon ini memiliki fungsi untuk menempelkan suatu teks ataupun objek (gambar, tabel dll) yang sebelumnya telah di copy atau cut.
·           Cut : Berfungsi untuk memindah dan memotong teks ataupun objek (gambar, tabel dll).
·           Copy : Berfungsi untuk menyalin dan mengcopy teks ataupun objek (gambar, tabel dll).
·           Format Painter : Kita bisa menggunakannya untuk meniru/menyalin format halaman dan menggunakannya di halaman lain.
b)      Font : Ribbon group yang terdiri dari berbagai ikon untuk mengubah dan menyesuaikan font baik itu warna, ukuran, jenis dan berbagai efek lainnya.
·           Font : Kita bisa memilih jenis dan gaya huruf pada bagian ini.
·           Font Size : Berguna untuk mengubah dan menyesuaikan ukuran huruf pada dokumen.
·           Grow Font : Berfungsi untuk menambah/memperbesar ukuran font.
·           Shrink Font : Berfungsi untuk mengurangi/mengecilkan ukuran font.
·           Change Case : Untuk mengubah penggunakan huruf kapital pada teks yang dipilih.
·           Clear Formatting : Menghapus/memformat pengaturan yang telah diterapkan pada sebuah teks.
·           Bold : Memberikan efek tebal ada huruf.
·           Italic : Memberikan efek miring pada teks.
·           Underline : Memberikan efek garis bawah pada teks.
·           Strikethrough : Memberikan efek coretan di tengah teks.
·           Subscript : Untuk membuat format pangkat diatas.
·           Superscript : Untuk membuat format pangkat dibawah.
·           Text Effect : Untuk membuat teks dengan berbagai efek.
·           Text Highlight Effect : Untuk membuat semacam efek stabilo.
·           Font Color : Berfungsi untuk mengubah serta memilih warna dari teks/huruf.
c)      Paragraph : Ribbon group yang berisi berbagai ikon dengan fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan paragraph pada dokumen.
·       Bullet : Untuk menambahkan bullet dan berbagai tanda lainnya pada format listing.
·       Numbering : Berfungsi menambahkan penomoran urut secara otomatis.
·       Decease Indent : Untuk menggeser paragraph ke bagian kiri.
·       Increase Indent : Untuk menggeser paragraph ke bagian kanan.
·       Alignment Left : Membuat teks menjadi rata kiri.
·       Alignment Center : Membuat teks menjadi rata tengah.
·       Alignment Right : Membuat teks menjadi rata kanan.
·       Justify : Membuat teks menjadi rata kanan kiri.
·       Line and Paragraph : Mengatur dan menyesuaikan jarak antar baris.
·       Shading : Untuk mengubah warna latar belakang teks.
·       Border : Menambahkan garis tepi/border pada teks yang telah dipilih.
d)     Style : Ribbon Group yang terdiri dari berbagai text formatting yang telah disetting sedemikian rupa sehingga bisa digunakan secara cepat dilain waktu tanpa harus mengaturnya kembali.
e)      Editing : Ribbont Group yang berisi beberapa ikon untuk melakukan editing terhadap dokumen.
·       Find : Berfungsi untuk mencari dan menemukan kata tertentu dalam dokumen.
·       Replace : Untuk menemukan kata tertentu kemudian menggantinya dengan kata lain.
·       Select : Untuk memilih/memblock teks pada dokumen.

3.      Insert


Menu ini secara keseluruhan berisi fungsi untuk memasukan objek ke dalam dokumen.
a)      Pages : Ribbon group berisi ikon untuk mengatur dan menyesuaikan pengaturan pada halaman dokumen.
·            Cover Page : Berfungsi untuk menyisipkan halaman cover pada dokumen.
·            Blank Page : Berfungsi untuk memasukan sebuah halaman kosong ke dokumen.
·            Page Break : Berfungsi untuk memotong/memutus halaman dan pindah ke halaman berikutnya.
b)      Table : Ikon untuk menyisipkan/membuat tabel pada dokumen.
c)      Illustratisons : Ribbon group berisi berbagai ikon untuk menyisipkan objek seperti gambar, clipart, tabel, chart dll.
·            Picture : Memasukan gambar dari penyimpanan komputer ke dalam dokumen.
·            Clipt Art : Memasukan clip art yang telah disediakan ke dalam dokumen
·            Shapes : Membuat berbagai bentuk sederhana seperti kotak, lingkaran dll.
·            SmartArt : Membuat semacam tabel structural ke dalam dokumen.
·            Chart : Membuat grafik dengan berbagai bentuk.
d)     Links : Ribbon group yang berisi ikon dengan fungsi untuk menghubungkan ke url/link, dokumen ataupun objek lain.
·            Hyperlink : Ikon yang berfungsi untuk memasukan sebuah link/url web tertentu ke dalam dokumen.
·            Bookmark : Berguna untuk menghubungkan suatu bagian dari dokumen dengan bagian lainnya.
·            Cross-reference : Digunakan untuk menghubungkan sebuah teks dengan suatu objek (gambar, tabel, dll) yang masih dalam dokumen yang sama.

e)      Header & Footer : Ribbon group yang satu ini berfungsi untuk menyesuaikan pengaturan pada bagian header dan footer dokumen.
·            Header : Menambahkan header pada bagian atas setiap dokumen.
·            Footer : Menambahkan footer pada bagian bawah halaman dokumen.
·            Page Number : Menyisipkan nomor pada setiap halaman di dokumen.
f)       Text : Ribbon group dengan fungsi untuk membuat teks dengan berbagai efek dan bentuk.
·            Text Box : Untuk membuat sebuah kota yang bisa diisi teks ke dalam dokumen.
·            Quick Parts : Menyisipkan berbagai objek ke dalam lembar kerja MS Word.
·            Word Art : Menambahkan berbagai efek keren ke sebuah teks.
·            Signature Line : Untuk menambahkan tempat membubuhkan tanda tangan.
·            Date & Time : Menambahkan tanggal ke dalam Word.
·            Object : Untuk menambahkan objek tertentu ke dalam dokumen.
g)      Symbol : Ribbon group yang berguna untuk menyisipkan berbagai symbol yang umum digunakan.
·            Equation : Menambahkan berbagai symbol yang umum digunakan dalam matematika.
·            Symbol : Menambahkan berbagai bentuk symbol ke dalam lembar kerja Word.

4.      Page Layout


Tab menu ini berisi berbagai ikon yang mempunyai fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan segala hal yang berhubungan dengan halaman lembar kerja MS Word.
a)      Themes : Ribbon group dengan berbagai ikon untuk menyesuaikan tema dan tampilan halaman.
·            Themes : Ikon ini berfungsi untuk memilih tema halaman dan juga warna dari teks.
·            Colors : Menentukan warna dari tema halaman.
·            Font : Memilih jenis font yang akan digunakan pada dokumen.
·            Effects : Mengatur efek yang akan berdampak pada objek yang ada di dokumen.

b)      Page Setup : Ribbon group yang berguna untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan halaman.
·            Margin : Menyesuaikan batas pinggir dari suatu dokumen.
·            Orientation : Menentukan apakah dokumen akan berbentuk horizontal atau vertical.
·            Size : Menyesuaikan ukuran panjang dan lebar halaman dokumen.
·            Columns : Menentukan jumlah teks akan dibagi menjadi berapa kolom.
·            Breaks : Mengatur bentuk dan letak dari halaman ataupun kolom teks.
·            Line Numbers : Memberikan penomoran pada setiap baris teks.
·            Hyphenation : Untuk memisahkan antara kata dengan penghubung.
c)      Page Background : Ribbon group untuk mengatur efek pada halaman.
·            Watermark : Menu yang berfungsi untuk memberikan watermark pada lembar kerja.
·            Page Color : Memilih warna dari halaman dokumen.
·            Page Border : Berfungsi untuk memberikan garis tepi pada dokumen.
d)     Paragraph : Ribbon group untuk menyesuaikan pengaturan terkait paragraph.
·            Indent : Untuk menambah ataupun mengurangi jarak teks dari pinggir.
·            Spacing : Menentukan jarak antar paragraf dalam dokumen.
e)      Arrange
·                Position : Untuk memilih dan menentukan letak dari suatu objek dalam dokumen.
·                Wrap Text : Mengatur posisi dari objek dalam suatu paragraph.
·                Bring Forward : Untuk meletakkan suatu objek di depan objek lainnya.
·                Send Backward : Untuk meletakkan suatu objek di belakang objek lainnya.
·                Selection Pane : Berfungsi dalam menampilkan navigasi dari suatu objek.
·                Align : Menentukan perataan dari suatu objek.
·                Group : Untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu kesatuan.
·                Rotate : Berfungsi untuk memutar posisi dari suatu objek.
5.      Reference

a)         Table of Contents
·         Table of Contents : untuk mengelolah daftar isi
·         Add Text : untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
·         Update Table : untuk memperbaharui daftar isi
b)        Footnotes
·           Insert Footnote : untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer
·           Inset Endnote : untuk menyisipkan catatan di akhir bab
·           Next Footnote : untuk memantau footnote dan endnote
·           Show Notes : untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote
c)         Citations & Bibliography
·         Insert Citation : untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
·         Manage Sources : untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah di sisipkan disemua segmen file dokumen
·         Style : untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
·         Bibliography : untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.
d)        Captions
·         Insert Caption : untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
·         Insert Table of Figures : untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
·         Update Table : untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
·         Cross-reference : untuk menyisipkan referensi silang
e)         Index
·         Mark Entry : untuk menandai masukan baru dalam dokumen
·         Insert Index : untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
·         Update index : untuk memperbarui daftar index terkini
f)         Table of Authorities
·         Mark Citation : untuk menandai kutipan
·         Insert Table of Authorities : untuk membuat daftar kutipan
·         Update Table : untuk memperbaharui daftar kutipan


6.      Mailings

g)   Create
·           Envelopes : untuk membuat dan mencetak amplop
·           Labels : untuk membuat dan mencetak label
h)      Start Mail Merge
·      Start Mail Merge : untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang  
·      Select Recipients : untuk membuat daftar penerima surat       
·      Edit Recepient List : untuk mengubah daftar penerima surat
i)     Write & Insert Fields
·         Highlight Merge Fields : untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
·         Address Block : untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
·         Greeting Line : untuk menambah nama sapaan
·         Insert Merge Field : untuk menambah informasi mengenai penerima surat
·         Rules : Untuk memberikan garis dalam surat
·         Match Fields : Membandingkan surat
·         Update Labels : Untuk memperbaharui label surat
j)          Preview Results
·         Preview Results : Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
·         Find Recipient : Untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
·         Auto Check for Errors : Untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita.
k)        Finish
·         Finish & Merge : Untuk menyelesaikan dan menggabungkan
·         Finish : Untuk menyelesaikan surat



7.      Review

a)         Proofing
·         Spelling & Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
·         Thesaurus : Untuk mengecek ulang pembendaharaan
·         Research : Untuk mengetahui data pengulangan
·         Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif.
b)        Language
·         Translate : Untuk menterjemahkan atau mentranslit data
·         Language : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
c)         Comments
·         New Comment : Memasukkan komentar baru
·         Delete : Menghapus komentar
·         Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
·         Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
d)        Tracking
·         Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
·         Final: Show Markup : Untuk menampilkan tanda finising atau selesai
·         Show Markup : Untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan
·         Reviewing Pane : Untuk mengecek ulang tulisan
e)         Changes
·      Accept : Untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima
·      Reject : Untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang
·      Previous : Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
·      Next : Untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya
f)         Compare : Untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data
g)        Protect
·                Block Authors : Untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku
·                Restrict Editing : Untuk mengedit lah yang terbatas.
8.      View

a)         Document Views
·      Print Layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
·      Full Screen Reading : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
·      Web Layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
·      Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
·      Draft : Untuk menulis surat perintah
b)        Show
·      Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
·      Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
·      Navigation Pane : Untuk mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan
c)         Zoom
·      Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
·      100% : Untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
·      One Page : Untuk membuka satu halaman
·      Two Page : Untuk membuka dua halaman
·      Page Width : Untuk mengetahui ukuran halaman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mempraktikkan Format Cell Dalam Data

Memformat cell pada data excel berfungsi untuk memberian tampilan data agar mudah dalam membaca data, dalam hal ini dapat kita berikan sua...